Kota Malang (Humas) — Kembali Peserta Didik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang berprestasi di ajang Olimpiade Internasional. Adika Rasendriya A.P, peserta didik kelas XII IPA 8 menjadi wakil delegasi Indonesia meraih Honorable Mention di ajang Internasional Physics Olimpiad Competition (IPho) Held In Isfahan, Iran yang dilaksanakan pada tanggal 21-29 Juli 2024 lalu.

“Alhamdulillah, ananda Adika Rasendriya peserta didik kami, yang mewakili Indonesia, meraih prestasi dengan mendapatkan Honorable Mention dalam ajang IPho di Iran,” ucap Kepala Madrasah H. Samsudin di ruang kerjanya, Rabu (31/7/2024) saat menyambut kedatangan Adika bersama orang tuanya.

Kamad mendengar berita baik ini berterimakasih kepada semuanya yang terlibat dan mendukung hingga meraih prestasi internasional ini. “Kami sampaikan terima kasih kepada Pemerintah, Kemenag, serta orangtua, yang telah mendukung Ananda Adika dalam menghadapi ajang internasional di Iran. Semoga prestasi yang luar biasa ini menjadi kebanggaan Madrasah dan Kementerian Agama, serta menjadi teladan bagi penerusnya nanti,” sambungnya.

Sebelum mengikuti Olimpiade Internasional di Iran, Adika merupakan salahsatu pemenang Olimpiade Fisika tingkat Nasional yang digelar Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas).

“Ananda Adika sebagai wakil Indonesia adalah yang sebelumnya telah memperoleh medali OSN Nasional dan yang lolos mengikuti pembinaan Olimpiade Fisika yang diadakan oleh Puspresnas Kemendikbud Ristek di Jakarta, sehingga berhak mengikuti ajang Olimpiade Internasional di Iran tersebut,” jelas Abah Samsudin panggilan akrabnya.

“Semoga prestasi internasional Ananda Adika dapat dipertahankan dan diteruskan lebih baik lagi oleh adik kelasnya, dan pada akhirnya dapat lebih berprestasi, membawa nama harum madrasah dan Indonesia serta menjadi syiar kebanggaan umat.” ujar Kamad.

Sementara itu Adika menyampaikan bahwa prestasi internasional Physics Olimpiad Competition (IPho) Held In Isfahan, Iran tahun 2024 ini menjadi historynya selama menjadi peserta didik MAN 2 Kota Malang yang tak terlupakan.
” Alhamdulillah, International Physics Olympiad (IPhO) adalah kejuaraan dunia fisika untuk siswa SMA dan diadakan setiap tahun di negara berbeda. Tahun ini IPhO diadakan di Isfahan, Iran dan diikuti oleh sekitar 196 peserta dari 46 negara pada tanggal 21 hingga 29 Juli 2024.” jelas Adika.

Ia menjelaskan Agenda International Physics Olympiad (IPhO) sangat padat jadwalnya dari Panitia.” Kami harus bisa menjaga fisik dan mental kami selama disana, karena mulai tanggal 21 Juli agenda cultural events dan games, dilanjutkan pada tanggal 22 Juli acara opening ceremony dan karyawisata (perusahaan teknologi, museum sains, pameran kerajinan tangan), dilanjutkan pada tanggal 23 Juli dilakukan tes eksperimen, kunjungan ke situs bersejarah, setelah itu besoknya tanggal 24 Juli kami mengikuti kunjungan ke situs bersejarah, karyawisata, kemudian tanggal 25 Juli diadakan tes teori, karyawisata, besoknya tanggal 26 sampai 27 juli diadakan ekskursi, besoknya tanggal 28 Juli acara closing ceremony dan pengumuman pemenang, kunjungan ke situs bersejarah, pesta makan malam perpisahan dan terakhir pada tanggal 29 Juli semua peserta IPhO kembali ke negara asal masing-masing.” Pungkasnya. (Tim Humas)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait